artikel 2

Wedang Rempah : Minuman Tradisional dengan Segudang Manfaat

KBRN, Madiun : Wedang Rempah, minuman tradisional Indonesia yang kaya akan rempah-rempah, telah menjadi sorotan sebagai minuman sehat yang tidak hanya menyegarkan tetapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan. Dengan kombinasi rempah-rempah alami, minuman ini tidak hanya memberikan sensasi kenikmatan bagi lidah tetapi juga mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Salah satu manfaat utama dari wedang rempah adalah kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan kayu manis yang sering menjadi bahan utama wedang rempah mengandung antioksidan dan zat antiinflamasi alami yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Selain itu, wedang rempah juga dikenal memiliki efek menenangkan pada sistem pencernaan. Rempah seperti jahe dan kapulaga dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung dan masuk angin. Ini membuat wedang rempah menjadi pilihan yang tepat di musim penghujan seperti saat ini.

“Coba mulai diganti minuman – minuman kemasan, dengan minum rempah – rempah. Simple tapi ini dapat mengubah banyak hal dalam kesehatan. Jahe, kunyit, lengkuas, serai, potong dan geprek, tambahkan jeruk nipis, dan juga kurma untuk ambil manisnya,“ ujar dr. Zaidul Akbar dikutip dari kanal youtube dr. Zaidul Akbar Official pada Senin (15/1/2024).

Lanjutnya, wedang rempah juga diyakini memiliki potensi untuk mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk diabetes dan penyakit jantung. Kandungan aktif dalam rempah-rempah seperti kunyit telah dikaitkan dengan pengelolaan kadar gula darah dan kesehatan jantung.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan manfaat wedang rempah, berbagai kafe dan warung tradisional kini menyajikan minuman ini dengan variasi rasa yang menarik. Dari wedang jahe hangat hingga wedang serai segar, variasi minuman ini tidak hanya memberikan kelezatan tetapi juga menghidupkan kembali tradisi kesehatan nenek moyang, jelasnya.

Ia menambahkan, dengan daya tariknya yang kaya akan cita rasa dan manfaat kesehatan, wedang rempah semakin menjadi bagian integral dari gaya hidup sehat dan budaya minum tradisional di Indonesia.

+6281218127575 +6281218127575 6281218127575 totalindogemilang23@gmail.com